Reset Unify AP Menggunakan SSH

reset Unifi Acces Point

Salah satu kendala yang dihadapi admin jaringan yang menggunakan Acces Point dari unifi adalah mereset setting ke kondisi default. Berbeda dengan acces point lain seperti TP-Link, D-Link dan beberapa acces point lainnya yang dapat direset melalui web browser dengan mengetikkan alamat IP nya. 

Pada perangkat unifi cara diatas tidak berfungsi karena pada perangkat unifi semua aktifitas setup harus dilakukan menggunakan controller unifi yang bisa berupa unifi cloud, atau controller yang di install di komputer/laptop, lalu bagaimana cara mereset jika  perangkat unifi yang sudah kita install berada di tower dengan ketinggian 10m dan harus reset manual menggunakan lubang kecil yang ada di perangkat acces point unifi, atau di tempat yang sulit untuk di jangkau seperti di ceilling, di tembok?

Berikut ini adalah langkah-langkah reset unifi acces point menggunakan SSH :
sebelum kita reset kita harus mengetahui ip perangkat unifi, bisa melalui mikrotik di dhcp/arp list atau bisa menggunakan controller unifi.

Sebagai contoh disini kita mencari ip perangkat unifi acces point menggunakan controller unifi. Cari alamat IP AP dan login menggunakan SSH dan akun admin yang dibuat saat menginstalnya.
contoh:
  1. Buka aplikasi SSH, contoh Putty. Sesuaikan ip dengan ip perangkat anda.
  2. Masukkan default username password, jika AP masih baru defaultnya username : ubnt, password ubnt. jika sebelumnya sudah pernah melakukan addopt dan setup maka bisa menggunakan username password yang ada di controller unifi, 
  3. Paste script berikut syswrapper.sh restore-default (abaikan jika muncul popup error, ini menandakan jika sudah berhasil ter reset)
  4. Done
Setelah acces point ter reset (kembali ke kondisi default) maka sudah bisa di addopt, dan setting kembali menggunakan uifi controller.
Tips !! Jika sebelum melakukan langkah diatas unifi controller anda sudah terbuka maka close terlebih dahulu agar device yang baru di reset bisa ter detect di unifi controller
Demikian cara Reset Unify AP Menggunakan SSH, semoga bermanfaat. Tested by me menggunakan unifi AP LR, Unifi AP Pro, Unifi AP Lite.

Belum ada Komentar untuk "Reset Unify AP Menggunakan SSH"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel